" - SELAMAT DATANG DI BLOG - " THE YANI HAIRSTYLIST & BEAUTY SPOT - MELAYANI JASA TATA RAMBUT - TATA RIAS WAJAH - PERAWATAN TUBUH DAN PENYEWAAN BAJU KEBAYA PENGGANTEN MODERN / MUSLIM " - -*Pakailah Kosmetik Aman Dan Halal Agar Dirimu Menjadi Cantik Luar & Dalam - Cantik Batinmu & Ragamu *

The Yani Beauty Spot Use This Product

Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Keriput



Banyak wanita yang mencari cara alami untuk mengatasi kulit wajah keriput. Kerutan di wajah merupakan salah satu gejala penuaan yang dapat bahkan sangat mengganggu penampilan Anda. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memiliki kulit yang bersih dan terbebas dari kerutan ataupun noda. Namun Anda harus berhati-hati untuk memilih jalan mana yang ingin Anda gunakan. Karena jika Anda memilih cara perawatan kulit yang salah wajah Anda bukannya bersih malah menjadi rusak. Oleh karena itu merawat kulit wajah dengan cara alami adalah alternatif terbaik.

Sebagian besar dari kita sering menemukan bahwa penyebab wajah menjadi keriput atau timbul kerutan adalah akibat penuaan. Namun, penuaan bukanlah satu-satunya alasan yang membuat kulit wajah Anda menjadi keriput, masih banyak faktor lain yang ikut peran dalam menimbulkan kerutan di wajah. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya kerutan (keriput) di wajah.

Penyebab Timbulnya Kerutan di Wajah

 

1. Merokok

Para ahli sepakat, ada hubungan antara rokok dengan proses penuaan kulit yang dipercepat. Inhalasi nikotin pada rokok membuat aliran darah ke kulit menjadi berkurang. Ketika aliran darah ke kulit berkurang, maka kulit akan kekurangan nutrisi. Hal inilah yang menjadi pemicu timbulnya kerutan di kulit wajah Anda akibat proses pembuatan sel kulit baru tidak berjalan dengan sempurna.

2. Genetika

Pada sebagian orang, munculnya kerutan di wajah dapat disebabkan karena faktor keturunan. Dalam kasus ini, sulit untuk menemukan jalan keluar, tetapi kita masih bisa menjaga kesehatan kulit wajah dari kekeringan dengan cara selalu menggunakan pelembab.

3. Radikal Bebas

Radikal bebas yang berasal dari polusi dapat merusak kolagen kulit, sehingga menyebabkan keriput di bagian kulit wajah.

4. Turun Berat Badan Secara Drastis

Biasanya dalam program diet, jika berhasil maka berat badan akan turun secara drastis. Tetapi siapa disangka, berat badan yang turun secara tiba-tiba dapat menyebabkan wajah menjadi keriput, disebabkan oleh kadar lemak dalam tubuh yang hilang. Kondisi juga menyebabkan kulit kendur dan kusam.

5. Kekurangan Nutrisi

Kurang mengkonsumsi vitamin E dan zat besi dapat menyebabkan kulit menjadi tidak kenyal, sehingga timbullah kerutan.

6. Paparan Sinar Matahari

Sinar UV, khususnya UV A dapat dengan bebas menembus kulit kolagen. Saat kulit kolagen rusak, maka kulit akan kehilangan pelindungnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah.


 

Cara Alami Untuk Mengatasi Kulit Wajah Keriput

 

1. Gaya Hidup Sehat

Hidup sehat sangat dianjurkan bagi semua orang. Cobalah untuk membiasakan diri hidup sehat sehingga keriput dapat diminimalisir dan dihilangkan. Diet yang seimbang adalah kunci untuk membuat kulit Anda terlihat sehat dan segar. Vitamin A, C, E, dan K juga membantu membuat kulit menjadi bersinar.

2. Berhenti Merokok

Sudah terbukti bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang baik itu perokok aktif maupun perokok pasif. Oleh karena itu, cobalah untuk sebisa mungkin menghindari lingkungan yang rentan terhadap asap rokok.

3. Tidur Yang Cukup

Waktu istirahat juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Kualitas tidur yang paling baik adalah dimalam hari, hal ini dapat mengurangi kerutan di wajah Anda. Pada normalnya, manusia dianjurkan untuk tidur / istirahat selama minimal 8 jam sehari.

4. Hindari Pikiran Stress

Stress sangat berbahaya, dan tentu saja dapat menyebabkan timbulnya kerutan di kulit wajah. Hindari stress agar tidak muncul kerutan atau juga agar bisa menghilangkan kerutan di wajah.

5. Gunakan Tabir Surya

Sinar matahari adalah pemicu utama timbulnya kerutan. Jika Anda adalah orang yang beraktivitas terlalu sering di luar ruangan / di bawah sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya, selain untuk mengurangi kerutan juga menolong Anda agar terhindar dari kanker kulit.

6. Tidur Dengan Posisi Telentang

Jika Anda tidur dengan posisi miring, maka akan menyebabkan keriput di bagian pipi dan dagu. Oleh karena itu, tidur dengan posisi telentang adalah cara terbaik untuk terhindar dari kulit keriput saat beristirahat.

7. Perbanyak Makan Ikan, Terutama Salmon

Mengkonsumsi ikan yang mengandung protein tinggi dan omega 3 akan membantu menyehatkan kulit dan membuatnya tetap lentur dan awet muda, dengan demikian tentu saja dapat membantu mengurangi kerutan di wajah.

8. Perbanyak Konsumsi Kedelai

Penelitian selama ini menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu melindungi atau menghalangi bahaya sinar matahari. Suplemen yang berasal dari kacang kedelai juga dapat memperbaiki struktur kulit dan memberi kekuatan setelah rutin menggunakannya selama enam bulan.

9. Cokelat Gelap (Cocoa)

Mengkonsumsi cokelat gelap atau kakao juga akan melindungi kulit dari bahaya sianr matahari, meningkatkan sirkulasi sel-sel kulit mati, dehidrasi pada kulit, dan membuat kulit terlihat dan terasa halus.

10. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah antioksidan. Sedangkan antioksidan adalah senyawa yang mengurangi efek radikal bebas, sehingga membuat kulit terlihat segar dan berseri, dan melindungi kulit dari beberapa efek terpaan sinar matahari.

11. Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Menurut dokter kulit, mencuci muka terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban alami dan minyak yang melindungi kulit dari kerutan.

12. Asam Alpha Hydroxy (AHA)

Bahan alami ini akan mengangkat permukaan sel-sel kulit mati, mengurangi timbulnya garis-garis halus dan kerutan, khususnya di daerah mata, dan membantu merangsang produksi kolagen.

14. Retinoid (Termasuk Retin A)

Tretinoin atau yang biasa dikenal sebagai Retin A adalah bentuk alami dari vitamin A yang digunakan untuk memecahkan masalah keriput pada wajah.

15. Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari bahaya sinar UV A dan UV B, mengatasi masalah pigmentasi kulit, serta dapat memperbaiki kondisi kulit yang rusak.


Ramuan Alami Untuk Menghilangkan Kerutan Pada Wajah

1. Madu

Madu dipercaya dapat menghilangkan kerutan di wajah. Anda bisa mencarinya di toko obat, apotek, atau di toko obat herbal. Cara meramunya sangat mudah, cuci muka terlebih dahulu menggunakan air hangat, kemudian oleskan sedikit madu ke wajah Anda dan biarkan selama 20 - 30 menit. Terakhir bilas wajah Anda menggunakan air hangat lagi dan segarkan dengan es batu, pastikan untuk mencuci semua bagian dengan cara menggosoknya.

2. Minyak Zaitun dan Lemon

Minyak Zaitun dapat membantu memberikan kelembaban pada kulit. Kaya akan vitamin C, D, dan E, antioksidan serta zat besi yang berguna untuk meregenerasi kulit. Sementara lemon membuat kulit terlihat lebih cerah dan berseri. Minyak zaitun dan lemon dapat membantu mengurangi kerutan pada kulit.

3. Susu Bubuk

Susu bubuk yang kaya akan gizi dapat mengembalikan kelembaban alami kulit. Caranya dengan mencampur 4 sendok makan susu bubuk, 2 sdm madu, 2 sdm air hangat lalu campurkan. Kemudian oleskan ke wajah secara merata (hindari terkena bagian sekitar mata dan mulit), setelah itu tutup wajah Anda dengan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat. Diamkan selama 10 menit, bersihkan sisa masker pada wajah dengan handuk kecil sampai wajah kering.

4. Pisang

Pisang adalah bahan alami yang paling efektif dan mudah untuk dijadikan krim anti kerut pada wajah. Tumbuk satu atau dua buah pisang sampai halus dan berbentuk krim lembut, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah. Biarkan sekitar 30 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.

5. Ketimun

Ketimun dapat membersihkan wajah. Caranya dengan mengiris tipis timun, lalu ditempelkan pada wajah. Ketimun dapat menghaluskan dan menyegarkan kulit, serta dapat menghilangkan kerutan.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni dapat mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan timbulnya kerutan, hanya dengan mengoleskan minyak kelapa hangat ke seluruh permukaan wajah, Anda sudah terbebas dari kerutan. Lakukan kegiatan ini kapan saja, sesuai keperluan Anad saja dan demi menjaga kekencangan kulit wajah Anda.

7. Tomat

Tomat adalah buah yang bagus untuk memelihara kulit, dapat dipotong-potong dan diperas, lalu ditambah sedikit madu dan campurkan semuanya. Oleskan ke permukaan wajah secara merata, biarkan selama 15 menit lalu bersihkan. Kegiatan ini efektif untuk menghilangkan keriput.

8. Kulit Semangka

Cuci kulit semangka, lalu gunakan untuk menggosok wajah. Setelah itu cuci wajah Anda menggunakan air bersih, hal ini dapat menyegarkan dan menghaluskan kulit.

9. Nanas

Nanas adalah buah yang banyak mengandung vitamin C, tetapi juga sangat efektif untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya adalah menempelkan daging nanas di wajah, seperti di sekitar mata dan mulut. Biarkan kering selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat atau dingin.

10. Daun Teh

Daun teh kaya akan 400 unsur kimia alami yang baik untuk kesehatan kulit, yang paling penting adalah catechin, senyawa aromatik oil, karbohidrat kompleks, protein, asam amino, vitamin, mineral, dan pektin. Selain dapat menjaga kebersihan kulit, daun teh juga dapat membuat kulit bercahaya dan menunda bahkan mengurangi timbulnya kerutan di wajah serta dapat mencegah berbagai penyakit kulit.

Demikian tips kesehatan mengenai cara alami mengatasi kulit wajah keriput yang dapat Anda coba. Dengan memanfaatkan tumbuhan bisa menjadi obat terbaik untuk mengurangi kerutan di kulit wajah.

0 komentar:

Posting Komentar