" - SELAMAT DATANG DI BLOG - " THE YANI HAIRSTYLIST & BEAUTY SPOT - MELAYANI JASA TATA RAMBUT - TATA RIAS WAJAH - PERAWATAN TUBUH DAN PENYEWAAN BAJU KEBAYA PENGGANTEN MODERN / MUSLIM " - -*Pakailah Kosmetik Aman Dan Halal Agar Dirimu Menjadi Cantik Luar & Dalam - Cantik Batinmu & Ragamu *

The Yani Beauty Spot Use This Product

Apa Kita Harus Merawat Badan Dan Wajah Kita Dengan Kosmetik?

Sebaiknya begitu , karena dengan kita merawat tubuh dan badan kita dengan produk perawatan kosmetik, maka badan dan wajah kita menjadi sehat terawat. Badan kita kan anugerah dari Tuhan, kita tidak boleh menyia-nyiakannya, kita harus merawatnya dengan baik. Di era modern ini, siapa sih yang tidak mengenal kosmetikKosmetik tidak bisa dipisahkan dari wanita, bahkan bukan hanya wanita saja yang memakai kosmetik, para pria juga memakai kosmetik untuk menjaga penampilan wajah dan tubuhnya. Tetapi memang 80% pemakai kosmetik adalah wanita. Semua wanita ingin terlihat cantik dan menarik, karena itu mereka rela membeli berbagai macam kosmetik meskipun harganya sangat mahal, untuk membuat wajah terlihat cantik dan tubuh kelihatan menarik. Berbagai produk kosmetikperawatan juga banyak dijual dengan janji yang menggiurkan, bisa mencerahkan wajah dan kulit, bisa menghilangkan kerutan, bisa menghilangkan jerawat, membuat kulit menjadi halus dan sejenisnya. Sayangnya terkadang konsumen tidak berhati-hati dalam memilih kosmetikyang dibelinya. Akibatnya malah bisa membuat alergi, kulit bermasalah dan yang paling parah bisa menimbulkan kanker. Jadi tidak semua kosmetik yang ada di pasaran itu aman untuk kita pakai.

Apa yang harus diperhatikan agar kita bisa memilih kosmetik yang aman dipakai?
Yang harus kita lakukan:
1. Mengenal jenis kulit kita, apakah berminyak, normal,atau kering. Dengan mengetahui jenis kulit, kita bisa memilih produk kosmetik perawatan yang sesuai dengan jenis kulit kita.
2. Kita harus membaca terlebih dahulu kandungan bahan yang terdapat dalam kosmetiktersebut, apakah mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh atau tidak.
3. Batas tanggal kadaluarsa juga harus kita perhatikan. Jangan memilih yang hampir mendekati tanggal kadaluarsa.

Kandungan bahan berbahaya yang ada di kosmetik itu apa saja?
Banyak sekali kandungan bahan berbahaya yang ada dalam kosmetik, seperti :
1. Merkuri
Biasanya banyak terdapat di kosmetik untuk pencerah wajah. Pemakaian Merkuri (Hg) dapat menimbulkan berbagai hal, mulai dari perubahan warna kulit, yang akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal serta merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia.
2.Hidrokuinon
Hidrokuinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, bercak-bercak hitam.
3. Asam Retinoat / Tretinoin/Retinoic Acid Bahan ini dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, teratogenik (cacat pada janin).
4.Bahan pewrna merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075). Ketiga bahan ini merupakan zat warna sintetis yang umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta. Zat warna ini merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

Langkah selanjutnya adalah : pilih kosmetik yang halal.
Kosmetik yang aman dari bahan-bahan kimia belum tentu halal.Sebagai kaum muslim kita tentu harus pandai mencermati kosmetik halal yang akan kita pakai, karena banyak bahan yang digunakan untuk kosmetik seringkali mengandung zat yang diragukan kehalalannya, atau terpapar najis. Seperti : cairan amnion, glyserin, kolagen dan hormon, semuanya harus dipastikan berasal dari hewan halal atau hewan haram.

Dan yang cukup popular sekarang adalah penggunaan plasenta. Plasenta yang biasanya diperoleh melalui proses persalinan atau melahirkan, mengandung hormon yang dapat menstimulasi jaringan pertumbuhan yang kemudian diklaim mampu menghilangkan kerutan jika digunakan sebagai bahan kosmetik. Plasenta dapat berasal dari hewan (mamalia) seperti sapi, kambing, babi dan manusia. Penggunaan dan pemanfaatan plasenta atau ari-ari dari jabang bayi manusia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah sepakat menetapkan fatwa haram. Ini sebagai bentuk dan implementasi dari kemuliaan yang telah dianugerahkan Allah kepada manusia. Ketua Komisi Fatwa MUI, Prof. Dr. Hasanuddin AF juga menegaskan bahwa plasenta yang berasal dari hewan haram, hukumnya haram. Sedangkan plasenta dari hewan yang halal dan diperoleh melalui proses persalinan, boleh digunakan.

Supaya tidak membuang waktu, kamu hanya tinggal melihat logohalal MUI di kemasan produkkosmetik itu.Kalau ingin lebih detail lagi , caranya mengecek legalitas produk dengan melihat kode pendaftaran di Badan POM yakni kode CD untuk kosmetik lokal dan CL untuk impor.

Kenapa harus percaya kepada MUI?
Kita harus percaya kepada MUI karena MUI itu sebagai wakil kita, dan menyadari tanggung jawabnya untuk melindungi masyarakat, maka Majelis Ulama Indonesia mendirikan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika atau lebih dikenal sebagai LP POM MUI. Lembaga ini didirikan sebagai bagian dari upaya untuk memberikan ketenteraman batin umat, terutama dalam mengkonsumsi pangan, obat dan kosmetika. Pada awal tahun 1994, LP POM MUI mengeluarkan sertifikat halal pertama yang sangat didambakan oleh konsumen maupun produsen, dan sekarang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kesimpulannya : Pakailah kosmetik aman dan halal untuk mempercantik wajahmu sebagai ibadahcantik di mata suamimu dan tidak menyimpang dari ajaran agamamu. Cantik luar dan dalam, cantik batinmu dan ragamu  ...

0 komentar:

Posting Komentar